Sejak dahulu sampai sekarang pencatatan informasi sebuah poliklinik masih dilakukan secara manual, yakni dicatat pada sebuah buku, mulai dari pasien, dokter, obat dan lain-lain. Sedangkan yang berkembang sekarang ini masih pencatatan data-data tersebut dalam bentk tulisan saja (Ms.Word dan Ms. Excel) belum masuk pada database, sehingga pihak pimpinan tidak bisa mengetahui berapa jumlah pasien/pengunjung perhari, pengeluaran obat, jumlah kunjungan pasien ke poliklinik, namun dengan adanya Sistem Informasi Poliklinik (SIMPOL) ini, permasalahan-permasalahan di atas dapat terselesaikan.
Pada Sistem Informasi Poliklinik terdiri dari beberapa unsure, yaitu :
Unsur Dokter / Karyawan,
Berisikan informasi kode dokter/karyawan, nama, spesialis, status dokter/karyawan. Dokter ini dibagi menjadi beberapa bagian/spesialis sehingga lebih mudah bag. umum/administrasi dalam mengarahkan pasien yang masuk sesuai dengan keluhan yang diderita oleh pasien.
Karyawan terdiri dari resepsionis (bag. umum/administrasi, bag. registrasi, bag. obat/apotek, cleaning service, keamanan)
Unsur Pasien,
Pasien merupakan obyek yang paling banyak disangkutpautkan pada sistem ini, mulai dari dokter, obat dan peralatan. Informasi yang ditampilkan yaitu waktu periksa (hari, tanggal, bulan, tahun) sehingga bisa memperoleh jumlah kunjungan, keterangan (jenis penyakit).
Unsur Obat,
Obat di sini bisa diperoleh setelah diperiksa oleh dokter (memperoleh resep dari dokter). Informasi yang ditampilkan jumlah persediaan, jenis obat (tablet, sirup, kapsul, bubuk)
Unsur Peralatan,
Peralatan ini dibagi(manage) berdasarkan keluhan pasien dan spesialis dokter
Dari unsur-unsur di atas dapat diketahui pada setiap harinya jumlah yang berkunjung/berobat di poloklinik, jumlah kunjungan pasien sehingga bisa mengetahui jumlah pemasukan keuangan poliklinik yang telah diterima bag. loket pembayaran/kasir, jumlah persediaan obat sehingga pihak admin bisa mengetahui kapan harus menambah persediaan obat
Dengan adanya program ini, maka bisa mengurangi adanya kecurangan terhadap keuangan poliklinik, karena semuanya sudah tercatat pada system/database.
flowchart alur pelayanan Poliklinik.
0 komentar:
Posting Komentar